WEB
CONTENT
Media
Dalam
produksi media dan penerbitan, konten informasi dan pengalama dapat memberikan
nilai bagi end-user/audience dalam konteks tertentu. Konten dapat disampaikan
melalui media apapun seperti internet, televisi, dan CD audio, serta acara live
seperti konferensi dan pertunjukan panggung. Konten (media) digunakan untuk
mengidentifikasi dan menilai berbagai format dan genre informasi yang dikelola
sebagai nilai tambah, dan media komponen berguna untuk target audiens. Produksi
media dan teknologi pengiriman berpotensi meningkatkan nilai konten dengan
format, penyaringan dan menggabungkan sumber-sumber asli konten untuk hal yang
baru dengan konteks yang baru. Kurang penekanan pada nilai dari konten yang
disimpan, dan lebih menekankan pada repurposing cepat, pemakaian ulang, dan
pemindahan telah menyebabkan banyak penerbit dan produser media melihat fungsi
utama mereka kurang mempunyai banyak pembuat/pencipta dan lebih sebagai
transformer dari konten.
Standard
Standar
Web merupakan suatu keharusan, standar non-proprietary dan spesifikasi teknis
lainnya yang mendefinisikan dan menggambarkan aspek dari World Wide Web. Dalam
beberapa tahun terakhir, istilah ini telah lebih sering dikaitkan dengan
kecenderungan untuk membangun situs web, dan filosofi desain web dan
pengembangan yang meliputi metode-metode.
Standar web satu sama lain saling tergantung, beberapa
di antaranya mengatur aspek internet, bukan hanya World Wide Web (Sebuah
Situs). Bahkan ketika web tidak terpantau, standar tersebut secara langsung
atau tidak langsung mempengaruhi perkembangan dan administrasi situs web dan
layanan web. Pertimbangannya adalah interoperabilitas, aksesibilitas dan
kegunaan dari halaman web dan situs web.
Standar web, dalam arti yang lebih luas, terdiri dari:
- Recommendations published by the World Wide Web Consortium (W3C)
- Internet standard (STD) documents published by the Internet Engineering Task Force (IETF)
- Request for Comments (RFC) documents published by the Internet Engineering Task Force
- Standardspublished by the International Organization for Standardization (ISO)
- Standards published by Ecma International (formerly ECMA)
- The Unicode Standard and various Unicode Technical Reports (UTRs) published by the Unicode Consortium
- Name and number registries maintained by the Internet Assigned Numbers Authority (IANA)
Standar web bukanlah merupakan aturan, tetapi terus
berkembang dan disesuaikan dengan teknologi web. Standar web yang dikembangkan
oleh suatu organisasi sering bersaing kadang disewakan oleh teknologi yang
tidak sesuai dengan standarisasi publik dan dinyatakan sebagai standar oleh
satu individu atau perusahaan.
BAHASA DALAM WEB
Dalam sebuah web kita memerlukan sebuah bahasa
pemrograman.
Sekarang kita bisa dengan mudah membuat suatu website
yang geratis atau dengan membayar. Sebenarnya apakah fungsi dari website itu
sendiri? Website dapat digunakan untuk mengeshare berbagai ilmu dan pengetahuan
sehingga banyak orang dapat mengetahuinya.
Banyak bahasa pemrograman seperti HTML, joomla, java,
bahasa C, C++, PHP, dll.
Tapi PHP mempunyai kelebihan dari bahasa pemograman
yang lainnya yang diantaranya :
• Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script
yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
• Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana
– mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, nginx, hingga Xitami dengan
konfigurasi yang relatif mudah.
• Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena
banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
• Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting
yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
• PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan
di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara
runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system
KEBERAGAMAN BUDAYA
Kemajuan IPTEK yang begitu pesat pada saat ini,
memiliki banyak sekali pengaruk bagi kebudayaan yaitu salah satunya Bergesernya
Nilai-nilai Budaya.Bangsa kita adalah bangsa yang besar, maksudnya Bangsa yang
besar adalah bangsa yang mau menghargai budayanya, mungkin itu adalah istilah
yang tepat untuk menggambarkan begitu beragamnya budaya orang Indonesia mulai
dari Sabang sampai Merauke. Beribu – ribu pulau, suku, bahasa, adat, membuat
Indonesia menjadi salah satu daya tarik dan Negara yang paling kaya dipandang
dari budayanya. Secara matematis kita tidak dapat menghitung betapa melimpahnya
kekayaan budaya kita
Dipandang dari adatnya ke-Timuran-nya maka Indonesia sangat berbeda dengan daerah yang ada di Barat, rata – rata orang Timur sangat menjunjung tinggi nilai – nilai budayanya sendiri sebagai aset untuk melestarikan daerah dan budayanya secara turun – temurun. Nilai – nilai budaya yang secara turun – temurun yang dimaksud adalah Sopan, Santun, Taat, Menghormati, Menghargai, Menjunjung Tinggi Adat, Tata Krama Pergaulan, dan lainnya yang menjadi ciri khas orang Indonesia. Kebiasaan mengalah, menghargai jasa orang lain, menghormati hak milik orang merupakan gambaran betapa orang Indonesia merupakan bangsa yang sangat menjunjung tinggi budayanya. Bagi orang Indonesia budaya adalah jembatan menuju kesuksesan, budaya adalah tempat untuk mencari solusi jika terdapat permasalahan, budaya adalah harta yang tak ternilai harganya.
Dipandang dari adatnya ke-Timuran-nya maka Indonesia sangat berbeda dengan daerah yang ada di Barat, rata – rata orang Timur sangat menjunjung tinggi nilai – nilai budayanya sendiri sebagai aset untuk melestarikan daerah dan budayanya secara turun – temurun. Nilai – nilai budaya yang secara turun – temurun yang dimaksud adalah Sopan, Santun, Taat, Menghormati, Menghargai, Menjunjung Tinggi Adat, Tata Krama Pergaulan, dan lainnya yang menjadi ciri khas orang Indonesia. Kebiasaan mengalah, menghargai jasa orang lain, menghormati hak milik orang merupakan gambaran betapa orang Indonesia merupakan bangsa yang sangat menjunjung tinggi budayanya. Bagi orang Indonesia budaya adalah jembatan menuju kesuksesan, budaya adalah tempat untuk mencari solusi jika terdapat permasalahan, budaya adalah harta yang tak ternilai harganya.
Perubahan dalam hidup boleh terjadi akan budaya dengan
nilainya yang tak terhingga akan tetap menjadi simbol bagi orang Indonesia
dalam kehidupannya. Terbukti walaupun kemajuan begitu pesat saat ini akan
tetapi dalam setiap kesempatan tetaplah budaya dikedepankan dalam setiap
kegiatan yang dilaksanakan.
Pada prinsipnya setiap perkembangan dan kemajuan dalam segi apapun baik adanya, setiap manusia menginginkan perubahan pun demikian dalam konteks kehidupan bermasyarakat.
Pada prinsipnya setiap perkembangan dan kemajuan dalam segi apapun baik adanya, setiap manusia menginginkan perubahan pun demikian dalam konteks kehidupan bermasyarakat.
Dari sekian
banyak bidang ada dan berpacu untuk kemajuan salah satunya adalah bidang
teknologi, yang menghadirkan perubahan dan kemajuan untuk selanjutnya digunakan
oleh manusia. Beragam teknologi yang diciptakan memungkinkan manusia untuk bebas
memilih apa yang diinginkan.Perkembangan teknologi seperti yang sudah tersaji diatas
tentu membawa perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia.
Perkembangan itu baik adanya jika sesuai dengan apa yang diharapkan. Bagaimana
jika perkembangan teknologi membawa pengaruh negatif dalam hidup manusia ?
apakah pengaruh negatif dari teknologi mempengaruhi pergeseran nilai – nilai
budaya dalam kehidupan manusia ? Kedua pertanyaan ini menjadi wajar apabila
kita perhatikan dengan seksama dampak dari kemajuan saat ini. Tidak dipungkiri
bahwa perkembangan teknologi saat ini juga membawa pengaruh yang kurang baik
atau negatif dalam kehidupan manusia. Kehadiran tekologi yang sedemikian
canggih membuat masyarakat umum mempunyai begitu banyak pilihan untuk memilih
apa yang dikehendakinya.
Pertanyaan kedua apakah pengaruh negatif teknologi mempengaruhi bergesernya nilai – nilai budaya dalam masyarakat, jawabannya iya. Teknologi diciptakan oleh manusia untuk dapat memenuhi kebutuan manusia itu sendiri, akan tetapi pada perkembangan selanjutnya justru teknologi tersebut disalah gunakan. Misalnya lewat teknologi internet atau dunia maya orang akan semakin mudah mengakses situs – situs porno yang justru itu datang dari kaum muda, hal ini tentu membuat pergeseran norma asusila dalam hidup kaum muda tersebut. Ini menjadi satu contoh dari sekian banyak contoh yang ada dalam kehidupan sehari hari masyarakat.
Contoh lain adalah dampak teknologi adalah dalam bidang militer, berpuluh – puluh macam senjata dicipatakan untuk membunuh manusia, kemana larinya budaya untuk saling menolong, menghargai sesama manusia kalau teknologi yang diciptakan justru dipakai untuk membunuh manusia sendiri. Yang paling hangat dalam ingatan kita tentunya kasus penculikan dan perkosaan yang dilakukan oleh pelajar beberapa waktu lalu yang justru dilakukan setelah pada mulanya berkenalan lewat media teknologi jejaring sosial online facebook. Dengan begitu mudahnya orang dapat mengakses informasi diri dan menyebarluaskan kepada sesama teman, akibatnya prostitusi pun dapat dilakukan lewat dunia maya ini yang justru merupakan efek dari perkembangan teknologi modern. Dan masih banyak lagi contoh betapa perkembangan teknologi yang begitu canggih justru disalah gunakan mengakibatkan bergesernya nilai – nilai budaya umat manusia itu sendiri.
Dalam upaya mempertahankan nilai nilai budaya dalam lingkungan masyarakat tentunya dibutuhkan kerja yang eksta, mengingat bahwa nilai – nilai budaya dalam masyarakat menentukan pula perkembangan kehidupan sosial masyarakat itu sendiri. Mereka yang mampu bertahan di tengah kehidupan teknologi yang semakin canggih tentunya akan mendapatkan kehidupan yang diinginkan, demikian sebaliknya.
Bagaimana upaya mempertahankan nilai – nilai budaya dalam kehidupan masyarakat ? ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh manusia dalam upaya membentengi diri dari arus negatif teknologi. Beberapa hal tersebut antara lain :
1. Memperkenalkan pentingya nilai – nilai budaya kepada anak sejak usia dini
2. Memberikan pemahaman kepada anak, masyarakat dan elemen lainnya betapa vitalnya nilai – nilai budaya terhadap kehidupan
3. Memberikan batasan terhadap hal yang bersifat negatif yang masuk dalam hidup dan kehidupan suatu masyarakat
4. Menjadikan nilai – nilai budaya sebagai ujung tombak dari norma kehidupan keluarga dan masyarakat
5. Menjunjung tinggi nilai – nilai budaya
6. Memandang teknologi dengan segala kemajuan dan perubahannya dalam arti yang positif
7. Menggunakan fasilitas kemajuan teknologi untuk hal yang baik dan positif
8. Sebagai orang tua wajib untuk memberikan pengawasan ekstra kepada anak, baik dalam penggunaan teknologi atau pergaulan sehari-hari.
Memang dalam penerapannya terkadang sulit untuk mengikuti keinginan dibanding kata hati, akan tetapi untuk hidup yang lebih baik kita dituntut untuk melakukan perubahan dalam hidup kita.
Setinggi apapun kemajuan teknologi yang ditawarkan kepada kita akan tetapi kita salah menggunakannya tentu akan membuat hidup kita menjadi salah jalan, justru teknologi tersebut akan menyesatkan hidup kita sehingga nilai – nilai budaya hidup kita tidak lagi sesuai dengan yang kita harapkan, akhirnya ada yang harus dikorbankan dari kejadian tersebut.
Semuanya berpulang kembali kepada kita manusia sebagai makluk sosial, apakah teknologi yang sedemikian canggih ini dapat kita maksimalkan penggunaannya atau justru perkembangan teknologi yang menyeret kita pada hancurnya kebudayaan kita ? kita semualah yang akan menjawabnya.
Pertanyaan kedua apakah pengaruh negatif teknologi mempengaruhi bergesernya nilai – nilai budaya dalam masyarakat, jawabannya iya. Teknologi diciptakan oleh manusia untuk dapat memenuhi kebutuan manusia itu sendiri, akan tetapi pada perkembangan selanjutnya justru teknologi tersebut disalah gunakan. Misalnya lewat teknologi internet atau dunia maya orang akan semakin mudah mengakses situs – situs porno yang justru itu datang dari kaum muda, hal ini tentu membuat pergeseran norma asusila dalam hidup kaum muda tersebut. Ini menjadi satu contoh dari sekian banyak contoh yang ada dalam kehidupan sehari hari masyarakat.
Contoh lain adalah dampak teknologi adalah dalam bidang militer, berpuluh – puluh macam senjata dicipatakan untuk membunuh manusia, kemana larinya budaya untuk saling menolong, menghargai sesama manusia kalau teknologi yang diciptakan justru dipakai untuk membunuh manusia sendiri. Yang paling hangat dalam ingatan kita tentunya kasus penculikan dan perkosaan yang dilakukan oleh pelajar beberapa waktu lalu yang justru dilakukan setelah pada mulanya berkenalan lewat media teknologi jejaring sosial online facebook. Dengan begitu mudahnya orang dapat mengakses informasi diri dan menyebarluaskan kepada sesama teman, akibatnya prostitusi pun dapat dilakukan lewat dunia maya ini yang justru merupakan efek dari perkembangan teknologi modern. Dan masih banyak lagi contoh betapa perkembangan teknologi yang begitu canggih justru disalah gunakan mengakibatkan bergesernya nilai – nilai budaya umat manusia itu sendiri.
Dalam upaya mempertahankan nilai nilai budaya dalam lingkungan masyarakat tentunya dibutuhkan kerja yang eksta, mengingat bahwa nilai – nilai budaya dalam masyarakat menentukan pula perkembangan kehidupan sosial masyarakat itu sendiri. Mereka yang mampu bertahan di tengah kehidupan teknologi yang semakin canggih tentunya akan mendapatkan kehidupan yang diinginkan, demikian sebaliknya.
Bagaimana upaya mempertahankan nilai – nilai budaya dalam kehidupan masyarakat ? ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh manusia dalam upaya membentengi diri dari arus negatif teknologi. Beberapa hal tersebut antara lain :
1. Memperkenalkan pentingya nilai – nilai budaya kepada anak sejak usia dini
2. Memberikan pemahaman kepada anak, masyarakat dan elemen lainnya betapa vitalnya nilai – nilai budaya terhadap kehidupan
3. Memberikan batasan terhadap hal yang bersifat negatif yang masuk dalam hidup dan kehidupan suatu masyarakat
4. Menjadikan nilai – nilai budaya sebagai ujung tombak dari norma kehidupan keluarga dan masyarakat
5. Menjunjung tinggi nilai – nilai budaya
6. Memandang teknologi dengan segala kemajuan dan perubahannya dalam arti yang positif
7. Menggunakan fasilitas kemajuan teknologi untuk hal yang baik dan positif
8. Sebagai orang tua wajib untuk memberikan pengawasan ekstra kepada anak, baik dalam penggunaan teknologi atau pergaulan sehari-hari.
Memang dalam penerapannya terkadang sulit untuk mengikuti keinginan dibanding kata hati, akan tetapi untuk hidup yang lebih baik kita dituntut untuk melakukan perubahan dalam hidup kita.
Setinggi apapun kemajuan teknologi yang ditawarkan kepada kita akan tetapi kita salah menggunakannya tentu akan membuat hidup kita menjadi salah jalan, justru teknologi tersebut akan menyesatkan hidup kita sehingga nilai – nilai budaya hidup kita tidak lagi sesuai dengan yang kita harapkan, akhirnya ada yang harus dikorbankan dari kejadian tersebut.
Semuanya berpulang kembali kepada kita manusia sebagai makluk sosial, apakah teknologi yang sedemikian canggih ini dapat kita maksimalkan penggunaannya atau justru perkembangan teknologi yang menyeret kita pada hancurnya kebudayaan kita ? kita semualah yang akan menjawabnya.
Model Generatif (GENERATIVE MODEL)
Secara tradisional, objek 3D dan dunia virtual
ditentukan oleh daftar geometris yang terdahulu : kubus dan bola di bentukan
CSG, NURBS patch, satu set fungsi implisit, segitiga, atau hanya dengan sebuah
titik.
Istilah ‘generatif model’ menjelaskan perubahan
paradigma dalam deskripsi bentuk, generalisasi dari objek yang dioperasikan :
sebuah bentuk digambarkan oleh urutan langkah-langkah pengolahan, bukan hanya
hasil akhir dari penerapan operasi. Desain bentuk menjadi desain aturan. Desain
bentuk menjadi desain aturan. Pendekatan ini sangat umum dan dapat diterapkan
pada setiap representasi bentuk yang menyediakan satu set untuk menghasilkan
sebuah fungsi, ‘operator bentuk dasar’ (elementary shape functions) .
Efektivitasnya telah dibuktikan, misalnya, di bidang pembuatan grid , dengan
operator Euler sebagai pelengkapnya dan penutup set yang menghasilkan fungsi
untuk sebuah perangkap dan beroperasi pada tingkat halfedge.
Pemodelan generatif mempunyai keuntungan yang
efisiensi untuk menciptakan bentuk-operator tingkat tinggi dari operator bentuk
tingkat rendah. Setiap urutan langkah-langkah pengolahan dapat dikelompokkan
secara bersama-sama untuk menciptakan ‘operator gabungan’ yang baru. Ini
mungkin menggunakan operator dasar serta operator gabungan lainnya. Nilai yang
konkret dapat dengan mudah diganti dengan parameter, yang memungkinkan untuk
memisahkan data dari suatu operasi: Urutan pemrosesan yang sama dapat
diterapkan pada set data input yang berbeda. Data yang sama dapat digunakan
untuk menghasilkan bentuk yang berbeda dengan menerapkan operator gabungan yang
berbeda, misalnya, sebuah perpustakaan operator dengan model domain-dependen.
Hal ini memungkinkan untuk membuat objek yang sangat kompleks dari beberapa
parameter input tingkat tinggi, seperti misalnya sebuah perpustakaan (library
style).
Generatif bahasa pemodelan GML adalah implementasi
konkret dari pendekatan generatif. Fitur utamanya adalah penuh dengan bahasa
pemrograman yang fungsional namun tetap dapat digunakan secara efisien sebagai
format file untuk deskripsi tingkat rendah.
Rhetorical Web
Rhetorical Web adalah fitur yang signifikan dari WWW
, bahwa hiperlink bisa mengoperasikan secara semantik dan navigational .
Di sisi lain , tautan (link) menyarankan asosiasi yang berarti antara halaman
web dan isi dari halaman web , dan bisa memfasilitasi ciptaan tropis
(tropic creation) yang berguna . Tautan dan asosiasi ini dapat dibaca secara
kritis , disarankan tentang cara berfikir hubungan antara halaman suatu web dan
isi halaman suatu web yang dimaksud atau tidaknya oleh si pembuat (author).
Disisi lain, hiperlink juga merupakan jalan
navigational : suatu tempat yang memiliki pergerakan dari satu halaman ke
halaman lainnya. Dalam konteks ini, banyak pertanyaan yang dapat muncul tentang
bagaimana suatu link dapat memfasilitasi atau menghalangi suatu pergerakan:
sebagai contoh, bagaimana sebuah perangkat lunak menyaring atau memblocking
suatu akses ke situs tertentu, secara langsung juga memblokir akses ke situs
lain yang terhubung dengannya (situs yang diblokir), termasuk situs yang bisa
diakses melalui situs yang sudah diblokir. Masalah akses, masalah dorongan
implisit beserta jalan tertentu dan tarikan terhadap yang lainnya, masalah dari
penanda suatu tempat yang membantu pengguna mengetahui dimana mereka saat di
web space, sebagai lawan mereka yang cenderung untuk membiarkan mereka
tersesat, semua hal penting dari desain bukan hanya karena mereka dapat
melemahkan atau mencegah pengguna (khususnya pengguna pemula), tetapi juga
karena mereka menentukan jalan penemuan yang difasilitasi atau tertutup.
Contoh Rhetorical Web:

Web Annotations
Tagging
Tagging adalah kata yang belum lama dilahirkan. Dahulu
sebelum ada tagging, dunia informasi yang ada di internet berserakan dan tidak
tersusun berdasarkan kategorinya.
Hal itu bagaikan, perpustakaan tanpa ada pengurusnya
atau pustakawan. Nah sekarang dengan adanya tagging, para pengguna internet
diminta saling membantu untuk menyusun informasi berdasarkan kategori,
popularitas dan kesukaannya, termasuk juga berita-berita terkini.
Google pun diam-diam sudah memasukkan sistem tag,
semacam fitur bookmark ke dalam my Search History, hal ini memungkinkan Anda
melakukan tagging dan menaruh komentar ke setiap situs web yang Anda kunjungi.
Metadata
Metadata adalah informasi terstruktur yang
mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya membuat menjadikan
suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola.
Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau informasi tentang
informasi. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang
dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam suatu basis
data. Jika data tersebut dalam bentuk teks, metadatanya biasanya berupa
keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya:
integer, character, date, dll. Untuk jenis data gambar (image), metadata
mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan
setting kamera pada saat dilakukan pemotretan. Satu lagi untuk jenis data
berupa kumpulan file, metadatanya adalah nama-nama file, tipe file, dan nama
pengelola (administrator) dari file-file tersebut.
Fungsi metadata
Metadata memberikan fungsi yang sama seperti katalog
yaitu:
- membuat sumberdaya bisa ditemukan dengan menggunakan kriteria yang relevan
- mengidentifikasi sumberdaya
- mengelompokkan sumberdaya yang serupa
- membedakan sumberdaya yang tak miliki kesamaan
- memberikan informasi lokasi
Jenis metadata
Terdapat tiga jenis utama metadata:
- Metadata deskriptif menggambarkan suatu sumberdaya dalam maksud seperti penemuan dan identifikasi. Dia bisa meliputi elemen semisal judul, abstrak, pengarang, dan kata kunci.
- Metadata struktural menunjukkan bagaimana kumpulan obyek disusun secara bersama-sama menjadi satu, semisal bagaimana halaman-halaman ditata untuk membentuk suatu bab.
- Metadata administratif menyediakan informasi untuk membantu mengelola sumberdaya, semisal terkait kapan dan bagaimana suatu informasi diciptakan, tipe dokumen dan informasi teknis lainnya, serta siapa yang bisa mengaksesnya.
Rich Snippet
Rich snippet adalah tampilan hasil pencarian yang
di-markup sehingga terlihat lebih menarik. Rich snippet sama sekali tidak
mempengaruhi peringkat, hanya membantu pengguna Google untuk memilih sebuah
hasil dengan informasi yang anda berikan. Rich snippet ini membuat hasil
pencarian untuk blog anda tampak berbeda sehingga bisa menaikkan tingkat klik
yang anda peroleh.
Anda bisa menambahkan rich snippet pada HTML blog atau
website anda untuk membantu Google menghidangkan informasi tambahan bagi
pengunjungnya. Ada 3 tahap yang bisa anda lakukan untuk membuat Rich Snippet
pada blog anda.
#1 Pilih HTML Markup Format Untuk Rich Snippet Anda
Google menyarankan agar kita menggunakan microdata.
Tapi salah satu dari ketiga format di bawah ini boleh anda gunakan untuk
melakukan markup HTML.
- Microdata
- Microformat
- RDFa
#2 Markup HTML Blog Anda
Ada beberapa jenis rich snippets yang bisa anda pilih
sesuai dengan blog anda. Beberapa di antaranya adalah:
- Ulasan/Review ada juga rich snippet dengan foto/gambar profil tanpa daftar google plus
- Data Orang
- Data Produk
- Data Bisnis dan Organisasi
- Resep
- Peristiwa
- Video, dan
- Musik
#3 Tes Tampilan Rich Snippet
Jika anda sudah selesai melakukan markup, silahkan
membuka alamat URL Rich Snippets Testing Tool. Alat ini akan membantu anda
untuk melihat hasil yang akan ditampilkan Google pada hasil pencarian. Anda
tinggal memasukkan salah satu URL dari halaman artikel anda pada kotak URL yang
disediakan. Tunggu beberapa saat untuk melihat hasil rich snippet blog saudara.
Walaupun alat ini sudah memperlihatkan hasil yang anda
inginkan, tapi Google membuat pernyataan bahwa tidak ada jaminan mereka akan
menggunakan data yang anda berikan. Karena Google tetap mempunyai algoritma
yang mandiri untuk membandingkan rich snippets anda dengan kualitas dari blog
itu sendiri.
Lalu bagaimana jika setelah pengujian ternyata rich
snippets gagal terpasang?
Ada banyak faktor yang menyebabkan rich snippets tidak
tampil sesuai yang kita kehendaki. Jika hal itu terjadi maka Google
merekomendasikan untuk memeriksa beberapa hal dari markup yang kita lakukan
pada HTML blog kita. Cek sekali lagi kode markup anda, dan sesuaikan dengan
standar kode Google.
STRUKTUR WEB
Link Structure
Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik
:
- Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
- Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
- Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
- Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs
Contoh Struktur Web:

Struktur Situs Web :
- Struktur Linear
- Struktur Grid
- Struktur Hierarki
Struktur Linear :
- Struktur linear murni
- Struktur linear dengan halaman tambahan
- Struktur linear dengan halaman pilihan
- Struktur linear dengan halaman alternatif
Struktur Linear murni :
- Digunakan untuk situs-situs web yang kecil, seperti personal page.
- Biasanya hanya terdiri dari 4 – 10 halaman.
- Cocok digunakan untuk menampilkan isi yang bersifat tutorial atau penjelasan mengenai suatu pokok bahasan.
- Kelemahan struktur jenis ini adalah ketidaknyamanan pengunjung dalam menjelajasi isi situs web.
- Pada situs web yang besar struktur ini masih digunakan, tetapi hanya sebatas untuk bagian-bagian penting seperti halaman-halaman registrasi.
Struktur linear tambahan :
- Digunakan untuk menjelaskan sebuah isi sama seperti struktur linear murni
- Uraian ini cocok untuk membuat sebuah penjelasan yang banyak mengandung uraian detail yang boleh untuk dilewatkan.
- Kelemahan struktur ini sama dengan kelemahan struktur linear murni, yaitu pengunjung tidak dapat melompat kesuatu halaman tanpa melewati halaman berikutnya.
Struktur linear dengan halaman pilihan :
- Pada struktur ini pengunjung diberi pilihan untuk melompat ke suatu halaman tertentu tanpa harus melewati halaman berikutnya.
- Struktur ini banyak digunakan pada sebagian besar situs web yang ada.
- Cocok digunakan untuk menamoilkan informasi yang bersifat ringan, seperti artikel, berita dan informasi lain yang tidak menuntut pengunjung agar menyimak penjelasan secara bertahap.
Struktur linear dengan halaman alternatif :
- Pada dasarnya sama dengan struktur linear murni, bedanya pengunjug diberi alternatif “jalan” untuk pergi ke sebuah halaman.
- Struktur ini hanya sedikit lebih baik dari struktur linear murni.
- Struktur ini digunakan untuk isi situs yang bersifat menjelaskan halaman demi halaman, namun ada beberapa bagian yang memiliki tingkatan yang sama. Pada bagian inilah dapat dipisah menjadi halaman alternatif.
Struktur Grid
- Merupakan perluasan dari struktur linear murni.
- Struktur ini juga mengandung struktur linear dengan halaman alternatif dan struktur linear dengan halaman tambahan.
Struktur Hierarki
- Sangat banyak digunakan oleh sebagian besar situs web. Karena struktur ini bersifat fleksibel dan mudah untuk dikembangkan jika diperlukan.
- Menggunakan sub-sub direktori dan membentuk level-level ke bawah.
- File-file yang memiliki karakteristik fungsi yang sama akan disimpan dalam satu dierktori.
- Pada struktur ini gambar-gambar yang digunakan dalam setiap halaman web disimpan dalam sebuah drektori tertentu.
Jenis-jenis Struktur Hierarki :
Struktur hierarki lebar/ wide hierarki
- Merupakan struktur dasar dari bentuk hierarki dimana terdapat sebuah halaman depan yang menghubungkan halaman-halaman lain di dalam situs web.
- Penempatan halaman-halaman selain halaman depan diletakkan dalam satu level melebar.
- Struktur ini sering digunakan pada situs-situs web yang sederhana dimana sebuah halaman index yang menghubungkan dengan halaman-halaman isi.
Struktur hierarki pendek/ narrow hierarki.
- Mirip dengan struktur hierarki lebar, perbedaannya adalah struktur ini menempatkan halaman-halaman isi menjadi lebih “dalam” atau lebih “masuk” ke dalam.
- Sebagian besar situs web yang ada saat ini menggunakan gabungan antara dua jenis struktur hierarki ini.
- Perlu diperhatikan bahwa struktur-struktur dasar ini tidak dapat diaplikasikan secara mentah-mentah karena penggunaan struktur ini sangat tergantung kepada pembagian kategori isi yang akan dijelaskan.
Small – World Network
Small World Network adalah sebuah tipe grafik
matematikal yang dari banyaknya simpul , namun tidak berhubungan dengan simpul
yang lainnya (berbeda) , tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul
kecil lainnya. Khususnya, small-world network didefinisikan sebagai jaringan di
mana L jarak antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang
diperlukan) tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N
dalam jaringan, yaitu:
Dalam konteks jaringan sosial, hasil dalam fenomena
small world netwok untuk orang asing (orang tak dikenal) yang dihubungkan
dengan cara berinteraksi. Banyak grafik empiris dengan baik dimodelkan oleh
jaringan-dunia kecil. Jaringan sosial, konektivitas internet, wiki seperti Wikipedia,
dan jaringan gen semua karakteristik small world network.
Contoh Klasifikasi Small-World Network:

Sebuah kategori tertentu small world network
diidentifikasikan sebagai kelas grafik acak oleh Duncan Watts dan Steven
Strogatz pada tahun 1998. Mereka mencatat bahwa grafik dapat diklasifikasikan
menurut dua fitur struktural independen, yaitu koefisien clustering, dan
rata-rata jarak dari simpul satu ke simpul lainnya (juga dikenal sebagai
rata-rata panjang jalur terpendek).
Grafik murni acak, dibangun sesuai dengan model
Erdös-Rényi (ER), dan menunjukkan rata-rata panjang jalur terpendek
(biasanya bervariasi sebagai logaritma dari jumlah node) bersama dengan
koefisien pengelompokan kecil. Watts dan Strogatz mengukur bahwa sebenarnya
banyak jaringan dunia nyata yang memiliki panjang jalur rata-rata terpendek,
tetapi koefisien pengelompokan secara signifikan lebih tinggi daripada yang
diharapkan secara acak atau random.
Watts dan Strogatz kemudian mengusulkan sebuah model
grafik baru, saat ini bernama model Watts dan Strogatz, dengan (i) rata-rata
panjang jalur terpendek yang kecil, dan (ii) koefisien pengelompokan yang
besar. Crossover dalam model Watts-Strogatz antara “dunia besar” (seperti
lattice / poset) dan small world network pertama kali dijelaskan oleh
Barthelemy dan Amaral pada tahun 1999. Karya ini diikuti oleh sejumlah studi
besar , termasuk yang mendapatkan hasil yang tepat / studinya berhasil (Barrat
dan Weigt, 1999; Dorogovtsev dan Mendes, Barmpoutis dan Murray, 2010).
Situs Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang
dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang
dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide,
teman, keturunan, dll.
Diagram Jaringan Sosial:

Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan
sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam
jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat
banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik
telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak
tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting
dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat
keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan
jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji.
Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor
individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang
mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Contoh Jejaring Sosial:

Beberapa contoh situs web jejaring sosial:
Analisis jejaring sosial internasional:
- The International Network for Social Network Analyis (INSNA)
- Dynamic Centrality in Social Networks
- Center for Computational Analysis of Social and Organizational Systems (CASOS) at Carnegie Mellon
- NetLab at the University of Toronto, studies the intersection of social, communication, information and computing networks
Blog
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk
aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada
sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut
terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama),
meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses
oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna
blog tersebut.
Jenis-jenis blog:
- Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
- Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
- Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
- Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
- Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
- Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
- Blog mode: Lebih dikenal dengan “fashion blog”. Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
- Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
- Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
- Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
- Blog agama: Membahas tentang agama
- Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
- Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
- Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
- Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
- Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
- Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
ANALISIS WEB
PENGUKURAN WEB
Di bawah ini ada beberapa tools yang digunakan untuk
mengeukur website dari segi kecepatan akses dan performanya, serta mengukut
banyaknya pengunjung suatu website, berikut ini penjelasan mengenai beberapa
tools yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses website.
1.PINGDOM TOOLS
Pingdom Tools merupakan sebuah alat ukur kecepatan
website dapat di akses, nilai dari sebuah website, dan berapa ukuran dari
sebuah website tersebut.
Beberapa kelebihannya di kategorikan sebagai
berikut :
Performance Grade : melihat nilai kecepatan performa
halaman web, dari akses DNS, browser cache, combine external css dan lain-lain.
Waterfall : melihat detail kecepatan akses ketika
membuka halaman web, dari gambar bahkan sampai seberapa cepat script tersebut
dapat di akses.
Page Analysis : melihat detail analisa halaman web.
History : melihat detail akses dari beberapa hari
lalu.
Kekurangan yang terdapat pada tools ini, sama seperti
tools alat ukur akses web pada umumnya yaitu Membutuhkan akses internet yang
stabil, karena tidak mungkin kita bisa mengukur kecepatan akses suatu website
kalau akses internet kita terhadap website tersebut tidak stabil/berjalan
dengan baik.
2.GTMETRIX
GTmetrix adalah website untuk menganalisa kecepatan
web yang tersedia secara gratis, dengan menggunakan google page speed dan Yahoo
Yslow sebagai analyze engine dan untuk menampilkan hasil serta rekomendasi yang
harus dilakukan.
Dengan GTmetrix juga dapat membandingkan beberapa URL
sekaligus dan jika mendaftar sebagai anggota maka dapat:
-
Melihat tes sebelumnya untuk membandingkan hasilnya
-
Menjadwalkan cek website secara otomatis
-
Menyimpan laporan
-
Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak
Kelebihan GTmetrix :
-
Dapat menggunakan google page speed dan YSLOW sebagai analyze engine
-
Dapat membandingkan beberapa
URL sekaligus
-
Menjadwalkan cek website secara otomatis
-
Dapat menyimpan laporan
-
Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak.
Kekurangan GTmetrix :
-
Jika menggunakan GTmetrix harus menggunakan internet yang cepat.
3.ALEXA RANK
Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan yang berbasis
di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai
banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Alexa Internet didirikan pada
tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Cara kerja Alexa rank Alexa
memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik.
Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung
unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda
akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.
Kelemahan Alexa:
1. Jika pengguna internet (pengakses situs anda tidak
menginstal Alexa Toolbar di browsernya) maka sekalipun ada 1000 pengunjung
situs anda dalam sehari, Alexa akan tetap menilai situs anda tidak ada
pengunjungnya.
2. Jika dalam sehari ada yang mengakses situs anda 20
kali dengan alamat IP (Internet protocol) yang sama, maka akan dianggap situs
anda hanya dikunjungi oleh 1 satu orang hanya dapat poin 1, akan berbeda jika
situs anda dikunjungi oleh 20 orang dengan alamat IP berbeda (unik) maka situs
anda akan memperoleh nilai 20 (nilai ini hanya pengandaian, Alexa mempunyai
formula sendiri dalam menentukan nilai sebuah web) .
Kelebihan Alexa :
1. Alexa rank akan menampilkan tingkat popularitas
dari sebuah situs web yang dibandingkan dengan web milik kita,termasuk
jangkauan,tampilan halaman,dan masih banyak lagi.
2. Pencarian analisa akan menampilkan kepada kita yang
merupakan syarat untuk kita untuk berkompetisi untuk mendapatkan sebuah traffic
3.Data pengunjung akan menampilkan kepada kita apa yang menarik dari website
kita yang dilihat oleh pengunjun – pengunjung website kita 4.Data clickstream
akan menampilkan kepada kita sebagai pemilik website dimana dalam mendapatkan
traffic dari program keanggotaan dan kemitraan.
CRAWLER
Crawler bertugas untuk mengindeks, membuat rangking,
menyusun dan menata halaman dalam bentuk indeks terstruktur agar bisa dicari
dalam waktu yang sangat cepat.
Obyek dari crawler adalah isi halaman, file, folder
dan direktori web, sedangkan subyek dari robots.txt adalah mesin pencari/search
engine crawler.
Crawler ini penting dipahami untuk SEO.
Crawler akan berhadapan dengan robotsg.txt yang akan
memandu mesin pencari/search engine seperti google, yahoo dan bing untuk
mengindeks sebuat blog atau website, sehingga crawler akan tahu mana halaman,
folder atau file yang boleh diindeks atau tidak, semakin lengkap sebuah panduan
dalam robots.txt akan lebih baik, dengan demikian robot crawler akan dengan
cepat mengindeks isi website, kebanyakan halaman situs berisi link ke halaman
lain.
Sebuah spider dapat memulai dari manapun, apabila ia
melihat sebuah link kepada halaman lain, maka ia akan segera menuju ke sana dan
mengambilnya.
Search engine seperti Alta vista mempunyai banyak
spider yang bekerja secara pararel. Sangat direkomendasikan untuk tidak
menggunakan javascript pada menu utama, gunakanlah tag noscript, hyal ini
dikarenakan javascript tidak bisa diambil oleh spider untuk search engine, dan
semua link yang mengandung javascript akan ditolak sebagai halaman teks.
Crawlers Pada Search Engine
Berikut ini adalah contoh-contoh dari Crawler:
1.Teleport Pro
Salah satu software web crawler untuk keperluan
offline browsing. Software ini sudah cukup lama popular, terutama pada saat
koneksi internet tidak semudah dan secepat sekarang. Software ini berbayar dan
beralamatkan di http://www.tenmax.com.
2.HTTrack
Ditulis dengan menggunakan C, seperti juga Teleport
Pro, HTTrack merupakan software yang dapat mendownload konten website menjadi
sebuah mirror pada harddisk anda, agar dapat dilihat secara offline. Yang
menarik software ini free dan dapat di download pada website resminya di http://www.httrack.com
3.Googlebot
Merupakan web crawler untuk membangun index pencarian
yang digunakan oleh search engine Google. Kalau website anda ditemukan orang
melalui Google, bisa jadi itu merupakan jasa dari Googlebot. Walau
konsekuensinya, sebagian bandwidth anda akan tersita karena proses crawling
ini.
4.Yahoo!Slurp
Kalau Googlebot adalah web crawler andalan Google,
maka search engine Yahoo mengandalkan Yahoo!Slurp. Teknologinya dikembangkan
oleh Inktomi Corporation yang diakuisisi oleh Yahoo!.
5.YaCy
Sedikit berbeda dengan web crawler lainnya di
atas, YaCy dibangun atas prinsip jaringan P2P (peer-to-peer), di develop dengan
menggunakan java, dan didistribusikan pada beberapa ratus mesin computer
(disebut YaCy peers). Tiap-tiap peer di share dengan prinsip P2P untuk berbagi
index, sehingga tidak memerlukan server central.
Contoh search engine yang menggunakan YaCy adalah
Sciencenet (http://sciencenet.fzk.de) untuk pencarian dokumen di bidang
sains.
Cara Kerja Web Crawler
Web crawler atau yang dikenal juga dengan istilah web
spider bertugas untuk mengumpulkan semua informasi yang ada di dalam halaman
web. Web crawler bekerja secara otomatis dengan cara memberikan sejumlah alamat
website untuk dikunjungi serta menyimpan semua informasi yang terkandung
didalamnya. Setiap kali web crawler mengunjungi sebuah website, maka web
crawler tersebut akan mendata semua link yang ada dihalaman yang dikunjunginya
itu untuk kemudian di kunjungi lagi satu persatu. Proses web crawler dalam
mengunjungi setiap dokumen web disebut dengan web crawling atau spidering.
Beberapa websites, khususnya yang berhubungan dengan pencarian menggunakan
proses spidering untuk memperbaharui data data mereka. Web crawler biasa
digunakan untuk membuat salinan secara sebagian atau keseluruhan halaman web
yang telah dikunjunginya agar dapat di proses lebih lanjut oleh system
pengindexan. Crawler dapat juga digunakan untuk proses pemeliharaan sebuah
website, seperti memvalidasi kode html sebuah web, dan crawler juga digunakan
untuk memperoleh data yang khusus seperti mengumpulkan alamat e-mail.
Web crawler termasuk kedalam bagian software agent
atau yang lebih dikenal dengan istilah program bot. Secara umum crawler memulai
prosesnya dengan memberikan daftar sejumlah alamat website untuk dikunjungi,
disebut sebagai seeds. Setiap kali sebuah halaman web dikunjungi, crawler akan
mencari alamat yang lain yang terdapat didalamnya dan menambahkan kedalam
daftar seeds sebelumnya
Cara Supaya Halaman Web Kita Masuk Dalam Google
Crawlers :
Tips Agar Sering didatangi oleh Google Crawlers
pertama :
Membuat sitemap dan atau daftar isi
Sitemap (peta situs) blog berfungsi membantu search
engine bot menjelajahi, menemukan dan mengindeks konten blog kita. Jika blog
anda berplatform wordpress.org, cara paling mudah membuat sitemap adalah dengan
memasang plugin bernama Google XML sitemaps. Sitemap sebenarnya hampir sama
dengan halaman daftar isi yang sering kita buat di blog, hanya sitemap berisi
kode-kode HTML yang dibaca oleh bot sedangkan daftar isi untuk dibaca oleh
manusia. Jika anda ingin sitemap yang juga berfungsi sebagai daftar isi,
gunakan plugin bernamaDagon Sitemap Generator. Beberapa themes seperti GoBlog Themes
sudah menyediakan sitemap secara default seperti ini: Sitemap.
Tips Agar Sering didatangi oleh Google Crawlers kedua
:
Mendaftarkan sitemap di Google Webmaster Tools .
Sitemap blog anda perlu didaftarkan di Google
Webmaster Tools. Google webmaster sendiri penting diikuti oleh semua pemilik
blog agar anda dapat menganalisa semua data yang berkenaan dengan blog anda.
Melalui uji sitemap, kita bisa mengetahui konten mana di blog yang belum
terindeks Google. Daftarkan dulu blog anda di Google Webmaster Tools, lihat
caranya disini
Setelah terdaftar, masuk ke bagian “pengoptimalan”
>> “peta situs” dan masukkan nama sitemap blog anda.
Kolom yang perlu diisi disamping URL blog kita adalah:
sitemap.xml, jadi lengkapnya adalah: namabloganda.com/sitemap.xml
Tips Agar Sering didatangi oleh Google Crawlers ketiga
:
Internal link
Internal link merupakan teknik onpage optimization,
yaitu salah satu cara yang digunakan dalam SEO untuk meningkatkan online
visibility dari sebuah blog. Internal link adalah link yang mengarah ke dalam
blog kita sendiri. Buatlah link tersebut relevan dengan topik yang sedang
dibahas. Berapa banyak internal link yang perlu ditambahkan dalam 1 artikel ?
Tidak ada patokan, namun buatlah minimal 2 saja. Satu link mengarah ke homepage
dan 1 link mengarah ke artikel lain yang kategorinya sejenis atau bahkan
mengarah ke artikelnya itu sendiri. Internal link ini sama fungsinya seperti
sitemap yaitu memudahkan Google Crawlers menjelajahi blog kita
SEARCH ENGINE
Mesin pencari (search engine) adalah salah satu
program komputer yang di rancang khusus untuk membantu seseorang menemukan
file-file yang disimpan dalam computer, misalnya dalam sebuah web server umum
di web (www) atau komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk
meminta content media dengan criteria yang spesifik ( biasanya berisikan prase
atau kata yang kita inginkan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria
tersebut.
Cara Kerja Search Engine
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan
informasi tertang banyak halaman web, yang diambil secara langsung dari www.
Halaman ini di ambil dengan web crawler-browsewr web yang otomatis mengikuti
setiap pranala yang di lihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk
menentukan cara mengindeksnya (misalnya kata-kata di ambil dari judul,
subjudul, atau field khusus yang di sebut meta tag ).
Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah
database indeks untuk di gunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin
pencari seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber ( yang
di sebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri. Ketika
seorang pengguna menggunakan mesin pencari dan memasukin query, biasanya dengan
memasukan kata kunci, mesin mencari akan mengindeks dan memberikan daftar
halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya. Daftar ini biasanya di
sertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teks
dari hasil pencarian yang kita cari.
Pengelompokan Search Engine
Search Engine dikelompokkan ke dalam tiga kelompok
utama. Yaitu, primer, sekunder, dan targeted. Yuk kita bahas satu-satu :
Search Engine Primer
Search engine primer adalah jenis search engine yang
umum kite kenal salama ini, yaitu Google, Yahoo!, dan MSN.
Google
The King of Search Engine, itulah julukan yang diberikan
untuk Google. Julukan itu memang pantas diberikan kepada Google. sebab Google
memberikan tingkat ke-akurat-an yang bisa memuaskan banyak pihak. Seperti juga
Yahoo!, Google memang memberikan berbagai fasilitas tambahan kepada mereka yang
menginginkannya. Seperti dalam pencariannya memuat foto, video dan file yang
bersangkutan, dapat menterjemahkan halaman berbahasa asing, misalkan halaman
berbahasa Inggris dapat diterjemahkan menjadi berbahasa Indonesia, dll..
Tapi sekali lagi ditekankan bahwa, fasilitas tambahan
itu bukanlah penyebab utama kepopuleran Google. Keakuratan lah yang menyebabkan
Google begitu populer. Keakuratan ini mulai dikembangkan saat para pendesign
Google mulai menambahkan faktor link popularity kedalam teknik perangkingannya.
Kombinasi antara keyword dan link popularity ini,
memberikan tingkat keakuratan yang tinggi jika dibanding hanya menggunakan
keyword saja. Namun perlu diingat juga bahwa, link popularity dan keyword
hanyalah dua dari sekian banyak faktor yang diperhitungkan saat Google
merangking tingkat relevansi dari suatu web page terhadap suatu topik.
Yahoo!
Yahoo! adalah sebuah search engine. Tapi selain search
engine, Yahoo! juga memiliki apa yang disebut dengan Web Directory. Jika kamu
belum mengetahui apa yang dimaksud dengan Web Directory itu, berikut
gambarannya secara umum.
Web Directory adalah kumpulan dari web page yang ada
di internet. Web page-web page itu dikelompokkan kedalam beberapa kategori
utama. Dari beberapa kategori utama ini, dipecah atau dibagi-bagi lagi mencari
sub katergori yang lebih spesifik.
Web directory ini fungsinya mirip dengan search
engine, yaitu untuk mencari, mengelompokkan, kemudian merangking atau mengindex
berbagai web page yang ada di internet. Jadi kita bisa menggunakan web
directory ini untuk mencari web page berdasarkan kategori yang kita inginkan.
Yahoo! sebenarnya pada awal pembuatannya adalah sebuah
web directory. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca mengenai sejarah Yahoo!.
S eiring perkembangannya, Yahoo! akhirnya dikenal juga sebagai search engine.
Namun tidak seperti Google, dalam upayanya menyediakan fasilitas web search,
Yahoo! tidak bekerja sendirian. Yahoo! bekerjasama dan menggunakan jasa dari
pihak ketiga, misalnya Inktomi, AllTheWeb, AltaVista, Overture, dan juga Google.
Bing
BING mesin pencari yang baru dari Microsoft, telah
datang dan mengambil perhatian banyak orang dengan cepat. Bing ini merupakan
bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari
produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni
2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan
dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet.
Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh
hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan
kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows
Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat
kategori, yaitu : pencarian halaman situs atau website, pencarian gambar,
pencarian berita, pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh
pengguna Bing.
Search Engine Sekunder
Mereka disebut search engine sekunder karena mereka mempunyai
audience atau user yang lebih spesifik. Search engine yang masuk kedalam
kelompok search engine sekunder ini biasanya memang dibuat dan ditujukan khusus
untuk kalangan tertentu saja. Misalnya untuk pengguna dari negara-negara
tertentu saja.
Search engine sekunder mungkin memang tidak memberikan
traffik sebanyak search engine primer. Antara lain itu disebabkan oleh
keterbatasan seperti yang sudah disebutkan diatas.
Search engine sekunder dibuat dan ditujukan untuk
kalangan spesifik, yang artinya mereka punya audience atau user yang spesifik
pula. Jika kebetulan search engine tersebut memiliki audience yang sama dengan
audience yang menjadi target kita maka traffic yang kita dapatkan dari search
engine sekunder ini adalah memang traffik yang menjadi target utama kita. Itu
artinya kita tidak perlu repot-repot lagi mencari orang-orang yang menjadi
target utama kita. Kita cukup memfokuskan diri pada search engine sekunder yang
mempunyai audience yang sama dengan audience yang menjadi target dari usaha SEO
yang kita lakukan.
Seperti juga search engine yang termasuk dalam
kelompok primer, search engine sekunder ini juga mempunyai algoritma yang
berbeda dalam hal merangking. Mereka mempunyai penekanan pada kriteria yang
berbeda-beda dalam hal penentuan rangking. Ada yang lebih menekankan pada
penggunaan keyword, sementara yang lain lebih menekankan pada link, dan
seterusnya.
Search engine sekunder ini tidak bisa kita abaikan
saat kita mulai membuat perencanaan SEO. Seperti yang sudah dikatakan tadi,
walau mungkin traffic yang mereka berikan tidak sebanyak traffik dari search
engine primer, namun traffik tetaplah traffik. Lycos, Miva, LookSmart, Ask.com,
dan Espotting adalah contoh-contoh search engine yang termasuk dalam kelompok
sekunder.
Targeted Search Engine
Targeted search engine terkadang disebut juga topical
search engine. Yaitu search engine yang lebih spesifik dari yang spesifik.
Search engine ini biasanya dibuat untuk melayani user-user yang mempunyai
ketertarikan pada topik-topik yang tertentu. Topik-topik ini biasanya bersifat
umum, misalnya masalah kesehatan, bisnis, pendidikan, teknologi, dan
sejenisnya.
Contoh-contoh search engine targeted ini misalnya,
CitySearch, Yahoo! Travel, dan MusicSearch. Seperti juga search engine sekunder
yang kita bicarakan diatas, traffik yang ke atau dari search engine kelompok
targeted ini adalah traffik yang benar-benar spesifik. Carilah search engine
targeted yang mempunyai relevansi dengan topik yang menjadi target usaha SEO
yang kita lakukan.
Web Archiving
Definisi Web Archiving
Pengarsipan web (Web Archiving) adalah proses
mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam
suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan
masyarakat umum pada masa datang.
Cara Kerja Web Archiving
Yang paling umum web pengarsipan teknik menggunakan
web crawler untuk mengotomatisasi proses pengumpulan halaman web. Web crawler
biasanya mengakses halaman web dengan cara yang sama dengan yang dilakukan user
yang menggunakan web browser untuk menemukan website yang ingin dicari.
Contoh-contoh Web Archiving
Berikut Ini adalah Beberapa Contoh Layanan yg melayani
jasa Web Archiving:
• Archive-it : Sebuah Layanan Pengarsipan Web
Berlangganan yang memperbolehkan sebuah institusi Untuk Membangun, Me-Manage,
dan Mecari Arsip web Institusi itu sendiri
• Archive.is : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Gratis
Untuk menyimpan Halaman dan berikut juga Gambar dari sebuah website tertentu.
Dan bias menyimpan halaman dari Web 2.0.
• Iterasi : Sebuah Layanan Pengarsipan Web yang khusus
untuk agensi pemerintahan, organisasi Finansial, brand heritage Dll.
SUMBER:
http://211093awan.wordpress.com/2013/07/04/tugas-keempat-softskills-semester-4-web-content-structure-web-analysis-web/









0 komentar:
Posting Komentar